Senin, 03 Oktober 2011

Sorting (Pengurutan)

Sorting (Pengurutan) dan searching (pencarian) adalah konsep yang sangat penting dalam dunia pemograman komputer,sebab sorting dan searching dapat dilakukan dengan berbagai algoritma yang berbeda, sehingga sering digunakan oleh para akademisi sebagai bahan pengajaran/ pembelajaran bagi para mahasiswa.
Jika kita berbicara tentang pengurutan, pengurutan data secara umum bisa didefinisikan sebagai suatu penyusun – ulang himpunan data /objek dengan aturan tertentu. Secara umum ada dua jenis pengurutan data, yaitu pengurutan secara urut naik (ascending), yaitu jika data – data disusun mulai dari nilai yang paling kecil hingga yang paling besar, serta pengurutan secara urut turun (descending), yaitu jika data – data disusun mulai nilai yang paling besar hingga yang paling kecil. Dal hal ini jika diurutkan adalah string atau karakter (char), nilaidata akan dikatakan lebih kecil atau lebih besar berdasarkan pada urutan relatifnya dalam tabel ASCII (american Standard Coded for Information Interchange) yang telah terdefinisi dengan baik sebelumnya.
Ada bermagai macam jenis Pengurutan (Sorting)
1. Pengurutan dengan Metode Bubble Sort
Sesuai dengan namanya, Bubble Sort, pada putaran/iterasi pertama nilai terbesar akan ‘terapung’ (“bubbling-up”) ke sisi vector yang memiliki indeks yang paling tinggi. Pada putaran/iterasi yang selanjutnya, akan ‘terapung’nilai kedua terbesar,nilai ketiga terbesar, dan selanjutnya. Dengan demikian, kita dapat mengetahui bahwa metode pengurutan Bubble Sort ini akan berakhir setelah terjadi n-1 putaran.
2. Pengurutan dengan Metode Selection Sort
Menggunakan teknik Selection Sort ini, sasaran utma kita sebenarnya adalah mengidentifikasi indek dari elemen dalam vector yang memiliki nilai yang terbesar (maksimal), kemudian (jika sesuai) melakukan penukaran nilaiterbesar ini dengan nilai yang saat ini sedang ditunjuk oleh indeks. Dengan cara seperti ini, kita akan mendapatkan nilai terbesar ada di ujung kanan vector, nilai kedua ada di sebelah kiri nilai maksimal, dan seterusnya.
3. Pengurutan dengan Metode Insertion Sort
Metoda Insertion sort bekerja dengan cara serupa dengan apa yg biasa dilakukan oleh seorang pemain kartu profesional, yaitu dengan menyisipkan kartu pada suatu lokasi tertentu dibagian yang telah terurut (Kita anggap disebelah kiri ).Jika kita menganggap kartu ditangan merupakan bagian dari vector yang sudah terurut dan di sebelah kanan merupak bukan yang terurut. Selanjutnya kita dapat mengembangkan suatu teknik pengurutan yang dinamakan sebagai insert sort,dengan mengambil kartu tertentu dari sebelah kanan,kemudian menyisipkannya ke tempatnya yang sesuai disebelah kiri.
4. Pengurutan dengan metode ShellShort
Metode ShellShort penting sebab mendasari algoritma Quick sort yang metode merupakan metode pengurutan yang paling canggih. Metode ini didasarkan pada penukaran sepasang elemen yang akan dibandingkan ditentukan dengan nilai separuh cacah data =n dibagi 2.
5. Pengurutan dengan Metode Quick Sort
Suatu metode yang dapa memindahkan suatu elemen tunggal ke lokasi yang sesuai, yang dapat meningkatkan kinerja pengurutan yang lebih baik, dengan diimbangi kerumitan alogoritma tertentu sehingga memungkinkan pengurutan yang relatif cepat yang disebut metode Quick Shhort.

0 komentar:

LETAKAN LINK ANDA DISINI SAYA AKAN FOLLOW BALIK LINK ANDA